6 Makanan untuk Perkembangan Otak Janin

Kecerdasan seorang anak bisa dipengaruhi oleh jenis makanan yang ibu konsumsi dari awal kehamilan. Maka dari itu, pemilihan makanan untuk perkembangan otak janin tidak boleh diremehkan. Butuh berbagai makanan yang kandungannya mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Apabila asupan yang didapat oleh para ibu hamil kurang, maka berpotensi menghambat perkembangan otak.

 

Jenis Makanan untuk Perkembangan Otak Janin

  1. Sayuran Hijau

Jenis sayuran yang paling direkomendasikan adalah bayam dan brokoli. Kandungan utama yang dimiliki yaitu asam folat yang kaya akan antioksidan. Zat tersebut dapat menghindarkan otak janin dari kerusakan. Manfaat lain adalah membantu perkembangan sumsum tulang belakang sekaligus metabolisme sel. Dengan asupan sayur hijau yang cukup, janin akan memiliki risiko kecil terkena gangguan jantung.

  1. Kacang-Kacangan

Perkembangan otak janin membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh kekurangan zat besi. Kandungan tersebut berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke sel-sel otak. Dengan begitu, perkembangan otak akan optimal. Mengapa kacang-kacangan? Sebab kandungan zat besi yang dimiliki cukup tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan perkembangan otak.

  1. Ikan

Asam lemak omega 3 sangat baik untuk menunjang perkembangan otak. Para ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak pada usia kehamilan trimester kedua. Bahan makanan yang kaya akan omega 3 dan tidak memberikan efek negatif adalah ikan. Konsumsi ikan juga membantu dalam kematangan sistem saraf pusat janin. Jenis ikan yang sebaiknya dikonsumsi adalah ikan salmon.

  1. Telur

Selama masa kehamilan, usahakan untuk perbanyak mengonsumsi telur. Sebab kandungan asam amino tinggi yang ada di dalam telur mampu mengoptimalkan perkembangan otak janin. Selain itu, asupan asam amino yang cukup dapat membantu meningkatkan daya ingat. Namun, perlu hati-hati dalam memperhatikan kehigienisan telur. Apabila Anda mengonsumsi telur yang terkontaminasi bakteri maka akan menimbulkan penyakit.

  1. Buah-Buahan

Jenis buah-buahan yang direkomendasikan adalah alpukat dan blueberry. Dalam alpukat terdapat oleic acid yang berfungsi menjaga kesehatan sistem saraf otak. Sedangkan blueberry banyak mengandung jenis antioksidan yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Blueberry juga bisa menunjang kinerja otak. Buah pilihan lainnya adalah stroberi, tomat, blackberry dan raspberry yang juga memiliki kandungan antioksidan.

  1. Produk Berbahan Susu

Tidak harus dalam bentuk susu, para ibu hamil juga bisa mengonsumsi produk olahannya. Dua yang paling direkomendasikan adalah keju dan yoghurt. Baik susu maupun produk olahan susu memiliki kandungan yodium yang tinggi. Manfaatnya adalah menunjang perkembangan otak janin.

Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi selama kehamilan memang sangat penting. Sebab dapat mempengaruhi perkembangan organ janin termasuk otak. Alternatif lain sebagai pengganti makanan untuk perkembangan otak janin adalah suplemen vitamin.

Namun perlu mengetahui efek samping yang mungkin akan muncul. Baik itu untuk kesehatan janin maupun ibu hamil. Maka dari itu, tetap usahakan  untuk memperbanyak konsumsi bahan alami saja.

Postingan Terbaru