Beberapa Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Harus Diketahui

Menyimak perkembangan bayi memang sangat menyenangkan. Ada kebahagiaan tersendiri yang tentu akan Anda rasakan jika Anda mengetahui bahwa bayi yang Anda sayangi sudah bisa melakukan beberapa hal baru. Nah, salah satu tahapan perkembangan yang cukup signifikan adalah perkembangan bayi 4 bulan.

Memang, usia 4 bulan menjadi salah satu batu loncatan dalam perkembangan bayi. Ada cukup banyak perkembangan yang terjadi yang tentu saja harus dipahami dengan baik. Pemahaman pada proses perkembangan bayi usia 4 bulan ini nantinya akan membantu Anda untuk memaksimalkan perkembangan tersebut.

Beberapa Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa ada cukup banyak perkembangan yang akan terjadi pada bayi yang berusia 4 bulan. Perkembangan tersebut tentu harus diperhatikan dengan baik agar nantinya tidak terjadi masalah yang berarti dan perkembangan bayi cenderung akan lebih maksimal.

Adapun beberapa perkembangan bayi 4 bulan yang perlu diperhatikan dengan baik adalah sebagai berikut:

  • Menegakkan kepala

Salah satu perkembangan bayi usia 4 bulan yang paling awal adalah bayi akan bisa menegakkan kepala tanpa harus ditopang dengan menggunakan tangan. Tidak hanya itu, ia juga akan bisa sangat aktif dengan mendorong kaki ke bawah ketika diletakkan di permukaan yang cenderung lebih keras

  • Berguling dan berputar

Keaktifan bayi akan cenderung bertambah ketika usianya sudah mencapai 4 bulan. Dalam hal ini, mereka akan selalu bergerak dan berputar saat diletakkan di kasur atau bantalan lainnya. Tentu saja, orang tua perlu memastikan bahwa bayi tetap aman meskipun aktif bergerak

  • Belajar merasakan benda

Bayi yang berusia 4 bulan akan belajar untuk merasakan benda. Dalam tahapan ini, apapun benda yang ia pegang akan dimasukkan ke dalam mulutnya. Tidak hanya itu, apapun yang bergerak di hadapannya akan cenderung dipegang. Oleh karenanya, orang tua perlu melakukan pengawasan agar ia tidak memasukkan benda berbahaya ke dalam mulutnya

  • Lebih ekspresif dan responsif

Selain perkembangan pada fisik, bayi yang berusia 4 bulan akan mengalami perkembangan secara kognitif yang cenderung lebih signifikan. Salah satu perkembangan yang terjadi adalah kemampuan bayi berekspresi menjadi lebih kuat. Ia akan memberi tahu orang tua tentang perasaannya, baik sedih ataupun senang.

Bayi dalam usia 4 bulan juga akan cenderung lebih baik dalam memberikan respons pada kasih sayang yang diberikan oleh orang tua. Mereka akan menoleh saat dipanggil dan juga tersenyum saat orang tua memperhatikannya.

Tentu, selain beberapa poin di atas ada banyak perkembangan lain yang terjadi pada bayi di usia mereka yang keempat bulan. Orang tua tentu saja harus memperhatikan perkembangan bayi 4 bulan dan berusaha untuk mempelajarinya. Jika perkembangan bayi terasa lambat dan tidak sesuai kriteria, maka orang tua bisa melakukan konsultasi.

Postingan Terbaru