Beginilah Cara Melakukan Tune Up Dasar untuk Mobil

Sudah sewajarnya jika setiap mobil perlu mendapatkan perawatan secara rutin untuk menjaga performa dan membuat usianya lebih awet. Perawatan rutin ini juga bisa menjaga stabilitas mesin. Untuk itu, pemilik mobil hendaknya melakukan tune up mobil secara rutin. Salah satu tanda bahwa mobil perlu segera melakukan tune up adalah mesin yang berisik.

Indikasi lain bahwa mobil perlu tune up adalah susah untuk dihidupkan, bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya, tenaga yang loyo, stir yang terasa seperti bergetar, dan lain-lain. Tune up biasa dilakukan di bengkel-bengkel mobil dengan biaya yang variatif. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya tune up ini bisa juga dilakukan sendiri.

Meski tidak akan secepat dan selancar melakukan tune up di bengkel, tune up mandiri ini bisa sedikit menghemat pengeluaran Anda. Namun, untuk melakukan ini Anda harus benar-benar memiliki modal yang cukup, baik itu pengetahuan mengenai otomotif maupun keterampilan dasar dalam melakukan tindakan. Agar lebih jelas, berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk tune up mandiri.

Cara Melakukan Tune Up Dasar

  1. Melakukan pemeriksaan dasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan dasar. Pemeriksaan ini meliputi cek kondisi oli. Perhatikan ketinggian oli mesin dan tambahkan jika dirasa mulai kurang. Waktu untuk melakukan ini tidak terlalu lama. Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja, apalagi jika dibantu dengan adanya dipstick pada mesin. Orang yang masih pemula pun bisa mengecek ini.

Lakukan pengecekan ini pada pagi hari sebelum mobil digunakan. Carilah tutup pada mesin Anda yang biasanya terdapat label “oil”. Kemudian, cari dipstick yang terletak di samping blok mesin. Ambil dipstick lalu bersihkan menggunakan tisu atau kain. Periksa tisu tersebut dan perhatikan apakah ada endapan atau sudah berwarna hitam. Jika iya, maka oli sebaiknya segera diganti.

Selain oli, beberapa komponen yang perlu diperiksa antara lain ban, aki, rem, dan lampu. Pastikan semua komponen tersebut berfungsi dengan baik. Untuk ban lakukan cek tekanan angin, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Untuk rem dan lampu, pastikan semua menyala dan dapat digunakan tanpa masalah. Aki juga harus dalam keadaan baik dan tidak tekor.

  1. Mengganti oli setiap 5.000 kilo meter perjalanan

Untuk menjaga performa mesin, sebaiknya ganti oli setiap 5.000-10.000 km perjalanan atau sekitar 6 bulan sekali. Buang oli seluruhnya hingga bersih dan masukkan oli yang baru. Mungkin Anda juga perlu mengganti filter oli. Mengganti oli bisa menjadi cukup susah. Namun, dengan sedikit pengetahuan dan keterampilan, Anda bisa melakukannya dengan lancar. Anda hanya perlu berhati-hati dan teliti ketika membersihkan oli lama dan memasukkan oli baru.

  1. Mengganti wiper

Dalam cuaca cerah, wiper memang terlihat tidak berguna. Namun ketika hujan tiba, komponen satu ini sangat menentukan keamanan dan kelancaran berkendara Anda. Wiper yang rusak akan menyulitkan Anda dalam melihat jalanan saat hujan. Oleh sebab itu, pastikan wiper dalam keadaan masih bagus. Jika terdapat retakan pada karet wiper atau sudah kendor, gantilah dengan wiper baru.

Wiper sangat mudah ditemukan di toko sparepart di sekitar Anda. Cari wiper dengan ukuran yang cocok dengan dimensi kaca mobil Anda. Agar lebih mudah, Anda bisa membawa wiper yang lama untuk dijadikan sampel agar tidak salah membeli.

  1. Ganti busi

Busi memiliki peran dalam proses pembakaran. Oleh sebab itu, busi perlu diperiksa dan segera diganti ketika sudah tidak berfungsi dengan baik. Busi yang rusak akan membuat mesin mudah mogok. Anda bisa melakukan ini secara mandiri asalkan dengan hati-hati dan teliti.

Cara tune up di atas merupakan cara yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa membawanya ke bengkel. Gunakan Otomall.id untuk menemukan bengkel terbaik di sekitar Anda. Dengan Otomall.id Anda bisa menghemat hingga 40% dari biaya bengkel pada umumnya. Mengenai kualitas, jangan khawatir karena Otomall.id memberikan garansi 100% keaslian onderdil dan pelayanan.

Postingan Terbaru