Penyebab Kolesterol di Usia Muda Beserta Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang menilai bahwa usia muda merupakan masa yang aman dari segala macam risiko kesehatan. Tanpa disadari  perasaan “aman” justru membuat pola hidup Anda menjadi seenaknya.  Alhasil, penyakit berbahaya pun memungkinkan akan hinggap pada diri yang masih belia tak terkecuali kolesterol tinggi. ini penyebab kolesterol di usia muda dan cara mengatasinya.

Penyebab Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi pada usia muda berpeluang terjadi karena berbagai faktor. dr. Vito Damay, Sp.JP menjelaskan hal tersebut secara gamblang. Dokter  spesialis jantung dan pembuluh darah ini mengatakan bahwa penyebab kolesterol tinggi pada usia muda sering kali mirip dengan penyebab kolesterol tinggi pada kelompok usia tua.

Banyak kasus yang telah ditemukan bahwa penyebab kolesterol tinggi pada usia muda adalah kegemukan dan pola hidup yang tidak sehat. Termasuk kurang olahraga, pola makan yang terlalu banyak gula serta junk food. Masa muda yang tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik yang cukup, akan memicu kelebihan kalori yang menumpuk kemudian menjadi lemak.

Pola hidup semacam ini menjadi salah satu faktor pemicu utama terjadinya serangan jantung dan stroke akibat dari kolesterol tinggi pada usia muda yang terjadi belakangan ini. Jadi, Anda perlu menjaga berat badan tetap ideal sesuai dengan kategori indeks massa tubuh. Pemeriksaan kadar kolesterol penting dilakukan meski masih berusia muda.

Cara Mengatasi

Bagi Anda yang mengalami serangan kolesterol tinggi di usia muda hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa kadar kolesterol Anda. Untuk meminimalisir kasus tersebut seorang yang berusia 20 tahun perlu melakukan pemeriksaan jantung dasar, termasuk kadar kolesterol. Hal tersebut merupakan sebuah anjuran dari American Heart Association.

Perlu Anda ketahui bahwa pemeriksaan semacam ini tak hanya berlaku untuk orang yang bertubuh gemuk, karena orang kurus sekalipun juga perlu melakukan pemeriksaan tersebut. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol normal, pemeriksaan kolesterol dapat Anda lakukan setiap 4 atau 6 tahun sekali secara berkala.

Hal selanjutnya yang sangat perlu diterapkan untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat dapat dimulai dengan cara rutin berolahraga. Berolahraga secara teratur dapat membantu menaikkan kadar HDL sekaligus mencegah serangan jantung.

Olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, berenang, atau senam aerobik dapat Anda lakukan minimal 30 menit sehari. Selain olahraga gaya hidup sehat juga dapat diatur melalui pola makan. Menerapkan pola makan yang sehat penting dilakukan untuk mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal.

Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran. Cara lainnya adalah dengan menghindari konsumsi daging merah, jeroan, kuning telur, susu full cream, keju, serta makanan ringan seperti kue dan biskuit. Jika dua cara di atas sudah dijalani tetapi kadar kolesterol masih tinggi, beberapa jenis obat bisa digunakan sesuai anjuran dokter

Nah, itulah penyebab kolesterol di usia muda beserta cara mengatasinya. Pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebaiknya Anda para kawula muda tetap mampu mewaspadai gangguan tubuh semacam ini serta senantiasa menjaga kesehatan dengan baik.

Postingan Terbaru