Tips Memilih Makanan Kucing yang Berkualitas

Kucing merupakan hewan karnivora di mana ia hanya akan makan makanan yang mengandung protein dan lemak. Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi oleh kucing seperti daging, ikan, dan sumber protein lain. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dibahas tentang tips memilih makanan kucing yang berkualitas. Seperti apa saja tipsnya, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Kucing Suka dengan Makanan

Ketika memilih makanan kucing, pastikan jika makanan tersebut adalah makanan yang disukai oleh kucing Anda. Bukankah tidak lucu jika Anda terlanjur membelikan makanan dengan harga yang mahal namun justru kucing tidak menyukainya.

Jika Anda adalah pemilik pemula dan belum tahu jenis makanan yang disukai. Anda bisa menanyakan kepada pemilik sebelumnya terlebih dahulu. Jika tidak sempat, Anda bisa bertanya pada pihak pet shop jenis makanan apa yang biasa paling banyak disukai oleh kucing.

  1. Bahan Dasar

Pada dasarnya, makanan terbaik yang diberikan kepada kucing adalah makanan alami. Jika kucing adalah jenis binatang karnivora, maka makanan terbaik yang bisa diberikan adalah jenis daging-dagingan.

Anda bisa memberikan makanan yang berbahan dasar daging mulai dari ikan, ayam, kalkun, bebek, atau lain sebagainya. Agar kucing lebih sehat, Anda juga bisa menambahkan vitamin di dalamnya. Namun, kebanyakan orang tidak sempat jika harus menyediakan makanan ini setiap hari.

Oleh sebab itu, biasanya kucing akan diberikan commercial cat food atau makanan pabrik. Perlu Anda tahu bahwa tidak semua cat food ini dibuat dengan menggunakan bahan daging. Jika dalam kemasannya tidak dicantumkan terbuat dari human grade meat atau daging yang aman dikonsumsi manusia.

Maka, di sini Anda juga harus curiga, bisa jadi makanan ini dibuat dengan menggunakan daging sisa yang sudah tidak sehat lagi. Bisa jadi makanan ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging anjing atau kucing yang sudah mati. Oleh sebab itu, dalam memilih makanan kucing, Anda harus memperhatikan bahan dasarnya.

  1. Kadar Protein

Kucing membutuhkan kadar protein yang cukup pada makanannya, apalagi kucing muda. Sering kali banyak orang salah duga di mana makanan kucing kering jauh memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan basah.

Padahal belum tentu demikian. Untuk membandingkan hal tersebut, maka Anda harus melihat keduanya dalam kondisi yang sama.

  1. Rendah Karbohidrat

Sebenarnya, dry food jauh memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi. Pada dasarnya, kandungan karbohidrat ini tidak dibutuhkan kucing. Kucing membutuhkan energi hanya dari protein dan lemak. Dalam memilih makanan kucing yang baik, ada baiknya kadar karbohidrat ini hanya sekitar 5% saja.

Dengan memperhatikan tips di atas, maka Anda bisa memilih makanan kucing yang berkualitas. Dengan demikian, kucing Anda akan tumbuh dengan lebih sehat dan memiliki tubuh yang gemuk.

Postingan Terbaru